Mahasiswa Budi Luhur Kampus Salemba Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Warga Kelurahan Cempaka Putih Barat Jakarta Pusat.

Jakarta – Universitas Budi Luhur (UBL) Kampus Salemba menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Genap TA 2020/2021 yang di lakukan oleh mahasiswa secara online.

Berbeda dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasa dilakukan oleh Universitas Budi Luhur (UBL) sebelumnya, pada periode Genap Tahun Ajar 2020/2021 ini, pelaksanaan KKN terpaksa dilakukan secara online. Hal ini dikarenakan pandemik yang belum juga usai melanda Indonesia.

Meskipun KKN kali ini harus diadakan secara online, namun hal ini tidak mengurangi semangat para mahasiswa untuk bersosialisasi dan mengedukasi para peserta.

Pada kesempatan kali ini, kelompok dari mahasiswa UBL Kampus Salemba melakukan KKN di Jalan Mardani Raya Gang A no.9 RT/RW 001/005, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Selama menjalankan program KKN, Mahasiswa UBL menerapkan protokol kesehatan di setiap programnya dengan menggunakan masker dan pemakaian handsanitizer. Kegiatan KKN dilaksanakan setiap akhir pekan dengan via online.

Adapun tema dari program KKN mahasiswa UBL Kampus Salemba di yaitu “Sosialisasi dan Edukasi Menghadapi Pandemi Covid-19”.

Soslialisasi dan Edukasi ini merupakan salah satu realisasi dari program Universitas Budi Luhur yang peduli dengan kegiatan-kegiatan sosial, terlebih lagi dalam masa pandemik seperti ini pemerintah saat ini sedang gencar – gencarnya melakukan sosialisasi dan edukasi pandemik covid-19 namun sepertinya belum sampai menjangkau lebih luas lagi dikarenakan banyaknya penduduk di Indonesia, dan Jakarta adalah salah satu kota padat penduduk. Maka dari itu, kami selaku mahasiswa Universitas Budi Luhur mengadakan Sosialisasi dan Edukasi ini dengan harapan dapat membantu pemerintah untuk memberikan pemahaman langsung kepada masyarakat.

Adapun beragam kegiatan yang dilakukan adalah para peserta KKN di Kelurahan Cempaka Putih Barat menyampaikan pentingnya Peran Keluarga Sebagai Pendukung Utama Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Pentingnya Peran Keluarga

Peran keluarga sebagai pendukung utama dalam masa pandemi Covid-19 ini adalah hal paling utama dalam menghadapi pandemi saat ini karena edukasi terdekat adalah edukasi dari lingkungan keluarga, maka itu kami memberikan sosialisasi ini dengan harapan peserta yang merupakan perwakilan dari satu kepala keluarga dapat memberikan edukasi yang telah kami sampaikan kepada keluarganya.

Kemudian kegiatan yang lain adalah para peserta diberitahukan apa saja Persiapan Menuju Era New Normal

Persiapan Menuju Era New Normal

Sejak Covid-19 pemerintah mengimbau untuk tetap di rumah saja, tetapi hal tersebut berdampak pada ekonomi masyarakat. Sehingga pemerintah menerapkan Era baru yaitu New Normal, perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. Peserta diberitahukan apa saja hal yang perlu disiapkan.

Selanjutnya, para peserta juga dikenalkan Dampak Baik Buruknya Vaksin

Edukasi Tentang Vaksin Covid-19

Sama seperti obat maupun vaksin lainnya, vaksin Covid-19 dapat memberi banyak manfaat, tapi juga diketahui dapat menimbulkan berbagai efek samping. Efek samping yang muncul pun bisa bersifat ringan maupun berat. Edukasi terkait dampak baik buruknya vaksin perlu di dilakukan agar peserta tak perlu khawatir karena efek samping vaksin adalah hal yang wajar terjadi ketika tubuh membangun sistem imun.

Dan para peserta juga selalu diingatkan untuk Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi

Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan dan Vaksinasi

Vaksinasi merupakan salah satu jalan yang perlu dilakukan untuk mengakhiri pandemi. Namun, disiplin penerapan protokol kesehatan tetap harus berjalan. Vaksinasi Covid-19 akan meningkatkan daya tahan seseorang terhadap penyakit yang disebabkan virus corona. Jika semakin banyak orang yang memiliki daya tahan terhadap virus corona, maka akan terbentuk herd immunity. vaksin virus corona membutuhkan dua kali penyuntikkan untuk bisa bekerja efektif, sehingga penerima vaksin harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang sudah terbukti efektif mencegah peredaran Covid-19 seperti mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta memakai masker, harus tetap dilakukan oleh tiap anggota masyarakat.. Mendapatkan vaksinasi Covid 19 memang tidak serta merta membebaskan seseorang dari keharusan mentaati protokol kesehatan. 

Di akhir kegiatan KKN, para mahasiswa UBL Salemba memberikan hadiah berupa masker medis, handsanitizer dan face shield sebagai ucapan terimakasih dan agar tetap bisa mematuhi protokol kesehatan. Para mahasiswa UBL berharap kegiatan KKN ini tidak hanya bersosialisasi dan edukasi, tetapi terlebih dari itu para peserta dapat memperoleh ilmu sebagai bekal untuk kedepannya agar dapat menjadi manusia yang cerdas berbudiluhur.