Universitas Budi Luhur Luncurkan Aplikasi WFH Pertama

Jakarta, 06 Maret 2020. Universitas Budi Luhur meluncurkan Applikasi Budi Luhur Work From Home (BL WFH). Ini merupakan inovasi yang kesekian kalinya di Univ. Budi Luhur. Sebagai ahli dibidang IT, Dr. Utomo Budiyanto, M.Kom., M.Sc. yang juga merupakan Direktur Digitalisasi Pembelajaran ini melahirkan applikasi WFH yang tentunya memudahkan para dosen serta karyawan di Universitas Budi Luhur dalam beberapa hal terkait pekerjaan. Terdapat beberapa fitur keistimewaannya, yaitu Kondisi Kesehatan, Update Kegiatan, Info Terkini, Report, dan Update Profile.

Random Quotes berisi tentang falsafah-falsafah Kebudiluhuran Oleh Pendiri Yayasan Budi Luhur Cakti, Drs. Djaetun, HS
Fitur Kondisi Kesehatan

Keunikan dari applikasi BLWFH ini adalah dapat memonitoring kondisi pegawai selama WFH, data akan valid karena pegawainya sendiri yang memberikan info terkini kondisi kesehatannya. Pengguna dapat terus memberitahukan kondisi kesehatannya setiap hari. Parameternilai kesehatannya dari nilai 0 sampai 10 dan dilengkapi dengan pertanyaan seperti berikut, Apakah anda mengalami; Demam, Batuk, Pilek, Sakit Tenggorokan, Lesu, Sesak Nafas, Diare, Mual, dan Muntah.  Semakin tinggi nilai kesehatan, berarti kondisi si Pengguna semakin sehat. Tentunya fitur ini juga membuat si Pengguna dapat menerapkan kejujuran akan kondisi kesehatan tubuhnya. Nilai kejujuran ini tentunya dijunjung tinggi pada nilai-nilai kebudiluhuran. Pengguna juga dapat menambahkan catatan kesehatan per harinya, jika diperlukan.

Fitur Info Terkini

Selain itu, kemudahan untuk memeroleh informasi terkini melalui fitur Info Terkini atau Push Notification, hanya butuh satu langkah maka semua pegawai akan terinfo lewat Push Notification tanpa perlu broadcast ke jejaring sosial masing-masing. Informasi terkini akan keluar secara otomatis pada tampilan pemberitahuan di setiap gawai yang sudah terpasang aplikasi BL WFH ini. Beberapa informasi penting yang sebelumnya sudah pernah diedarkan juga akan tetap ada pada fitur ini, sehingga file bisa di akses  kapan saja oleh si Pengguna.

Keistimewaan lainnya adalah monitoring aktifitas atau pekerjaan selama WFH, akan terlihat masing-masing mengerjakan sesuatu atau tidak. Setiap Pengguna dapat melaporkan kegiatan yang sudah dilakukannya setiap hari melalui fitur Update Kegiatan. Pihak Manajemen kampus dapat melihat pekerjaan apa saja yang sudah dikerjakan karyawan atau dosennya. Terlebih rekapitulasi kegiatan dapat di permudah dengan fitur Report.

Fitur Update Kegiatan dan Report

Fitur lain yang penting tetapi mudah digunakan adalah data pribadi pengguna seperti alamat tempat tinggal serta nomor gawai yang dapat diperbaharui oleh si pengguna jika ada perubahana data. Dari situ pihak Manajemen dapat dipermudah jika ada perubahan data dari karyawan atau dosen di kampus. Selain itu juga untuk memudahkan jika si pengguna ingin dihubungi oleh pihak Manajemen kampus.

Menurut Utomo, “Saat ini para institusi pendidikan terfokus pada implementasi pembelajaran berbasis eletronik (e-learning), sementara Universitas Budi Luhur sudah menjalankannya tanpa kendala berarti. Untuk itu, Budi Luhur mengembangkan inovasi untuk monitoring kondisi kesehatan dan pekerjaan yang dilakukan selama #wfh berbasis mobile yang sudah bisa diunduh di Playstore.”

Aplikasi Budi Luhur Work From Home ini menjawab kebutuhan pihak Manajemen/institusi untuk dapat memonitoring pekerjaan karyawan serta dosen, meskipun mereka bekerja dari kediamannya masing-masing. Di usianya yang ke-41 Tahun, tentunya peluncuran aplikasi ini sebagai salah satu hadiah spesial yang didapatkan oleh Yayasan Budi Luhur dan tentunya keluarga besar Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur. Di tengah pandemi Covid-19 yang mana keterbatasan beraktifitas diluar rumah dibatasi tidak membatasi kreatifitas segenap civitas akademika Budi Luhur untuk berinovasi, berkaya, bekerja, dan tetap produktif.

BL WFH ini masih terus dikembangkan kontennya, tentunya kami tunggu inovasi hebat lainnya.

Salam Budi Luhur..!

Artikel dan tata letak oleh : Anindya Putri