Kuliah Umum, Menuju SDM Unggul dan Indonesia Maju di Industri Era 4.0

Magister Ilmu Komputer Universitas Budi Luhur mengadakan kuliah umum berjudul Hadapi Era 4.0 dengan visioner ala BJ Habibie. Kuliah umum ini menghadirkan pembicara yaitu. kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau disebut (BPPT) Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc.

Acara ini rutin dilaksanakan setiap semester satu kali rata rata 1 kali namun ada juga 2 kali melaksankan kuliah umum dan minimum 1 kali.

Industri 4.0 adalah industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistem cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif.

Dalam kuliah Umum ini Hammam mengajarkan bagaimana industri 4.0 berjalan, lalu juga bagaimana cara atau tahap proses pada industry 4.0, BPPT juga dinaungi oleh mantan presiden ke-3 Prof. Dr. Ing H. Bacharuddin Jusuf Habibie. Atau yang dikenal dengan Pak Habibie.

Sebelum acara perkuliahan dimulai, Hammam memutar video pendek untuk mengenang jasa Pak Habibie semasa hidupnya yang tidak akan terlupa. Jasanya akan selalu melekat pada hati semua masyarakat. Tentu juga dengan kepergian Pak Habibie banyak sekali berduka termasuk Negara eropa bersedih.

Maka dari itu Hammam sekaligus ketua BPPT generasi ke 10 menginginkan anak zaman muda sekarang proaktif dan dapat membawa nama Negara serta teknologi program ke luar negri serta membuat Negara Indonesia maju.

“Revolusi 4.0 adalah lanjutan dari revolusi 3.0 yang berkembang dari teknologi informasi sampai otomatisasi, berharap akan segera membawa nama Indonesia dikenal dan menjadi negara maju,” Hammam.

Selain itu juga program BPPT juga akan meluncurkan 41 Aplikasi modern didalam bppt tersebut, juga akan membantu mahasiswa dan juga masyarakat lainnya dalam mengakses teknologi masa depan. Mahasiswa Budi Luhur sangat antusias dan mendukung program ini ada juga yang tidak mengikuti kuliah umum menyesal tidak hadir dikarenakan mereka telat datang.

Salam Budi Luhur!!!

Penulis: Luh Ayu Dinda